Layanan Bandara di Indonesia Masuk 10 Terbaik Dunia
Pagi guys! Tau nggak sih kalau layanan Bandara Indonesia masuk 10 terbaik di dunia?
Berikut penjelasannya
Indonesia patut bersyukur dan berbangga! Berdasarkan survei Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI) pada periode Q4/2014 (Oktober-Desember 2014), dua bandara internasional di Indonesia masuk dalam kategori Top 10 Best Airport by Size.
Di kategori bandara dengan jumlah penumpang 15 hingga 25 juta penumpang per tahun, ACI melakukan penilaian di 31 bandara di dunia. Ada dua bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) yang masuk dalam penilian oleh Airport Council International (ACI)--sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada-- yakni Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali (peringkat ke-7) dan Bandara Internasional Juanda Surabaya (peringkat ke-10).
Di kategori lainnya, yaitu bandara dengan jumlah penumpang 5 hingga 15 juta penumpang per tahun, dari 79 bandara yang di survei, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan berada di peringkat ke-16. Posisi ini berada di atas ranking Bandara San Antonio Texas di AS, Bandara Penang di Malaysia, dan Bandara Bengaluru di India.
Airport Service Quality (ASQ) merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara. Aspek yang dinilai dalam survei ASQ ini antara lain suasana bandara, fasilitas belanja, fasilitas restoran dan tempat makan, ketersediaan bank/ATM/money changer, sarana hiburan dan rekreasi di bandara, serta keramahan dan kesigapan staf bandara.
Sejak 2006, survei ASQ telah melakukan penilaian terhadap kepuasan penumpang di lebih dari 250 bandara di dunia. Metodologi ilmiah, prosedur quality control yang ketat, serta komitmen untuk tidak berpihak dalam setiap penilaian survei ASQ ini menjadikannya sebagai standar global untuk mengukur kepuasan penumpang di bandara. Setiap tahun, ACI mewawancarai sekitar 550 ribu penumpang di bandara, dan meminta mereka untuk menilai tingkat kepuasan atas layanan bandara.
“Pengelola bandara di dunia sangat selektif dan hanya mengajukan bandara terbaiknya untuk ikut survei ASQ ini. Dari Indonesia, Angkasa Pura I mengikutkan empat bandaranya, sementara Angkasa Pura II lima bandara. Berdasarkan survei tersebut, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berada di ranking ke-7 dunia di kategori 15-25 juta penumpang per tahun, sekaligus merupakan bandara Indonesia dengan ranking dunia terbaik di kelasnya. Hasil ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan level of service yang telah dilakukan oleh Angkasa Pura I selama ini cukup berhasil. Kami bertekad untuk terus meningkatkan layanan di bandara-bandara kami, sehingga visi Angkasa Pura I untuk menjadi sepuluh besar perusahaan pengelola bandara terbaik di Asia di tahun 2020 bisa terwujud lebih cepat dari target yang ditetapkan,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Tommy Soetomo.
Mari bergabung bersama kami di Airlines Business Career Tadika Puri Cabang Malang tepatnya di Jln. Supriyadi 172 D Sukun Malang
Info lebih lanjut hubungi:
WA: 085217660434
Web: http://airlinebusinesscareer.com/
Info lebih lanjut hubungi:
WA: 085217660434
Web: http://airlinebusinesscareer.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar